Kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus. Karena Tuhan Yesus sendiri mengatakan:”Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Yoh. 14:6). Tuhan Yesus adalah kebenaran mutlak. Kita tidak dapat menemukan kebenaran kedua seperti Dia yang demikian mutlak, kekal, ajaib dan berharga. Kebenaran mutlak ini penuh rahmat dan berkat Allah, maka kita sebagai anak-anak Tuhan sungguh beruntung, karena itu hendaklah kita selalu bersyukur dan memuji Dia.

Kita akan selalu melihat dan mengalami kuasa kebangkitan Tuhan Yesus. Hendaklah selalu diingat apa yang dikatakan malaikat : “Mengapa kamu mencari Dia yang hidup, di antara orang mati? Ia tidak ada di sini, Ia telah bangkit” (Luk. 24:5-6). Ia sudah tidak ada di dunia yang menderita dan kubur kehidupan ini. Dalam kubur ini kita sering merasa takut, kesepian dan ketidakberdayaan, tetapi kebenaran mutlak ini telah membebaskan kita, sehingga kita dapat mengalami kemuliaan dan penyertaan-Nya, seperti yang dikatakan Yoh. 1:14 “Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.”

Selain Yesus Kristus, tidak ada kebenaran mutlak di dunia ini. Kebenaran dunia adalah kebenaran yang bisa usang, seperti membesarkan anak-anak untuk hari tua kini sudah menjadi kebenaran kuno; Kebenaran yang sesat/kebenaran palsu, seperti teroris, karena mereka menerima pengajaran atau kebenaran palsu. Dan kebenaran relatif, yang berarti belum pasti benar, seperti 1+1=2. Hanya Tuhan Yesus adalah kebenaran mutlak yang benar-benar akurat, yang tidak ada kesalahan dan tidak akan musnah, karena Ia telah bangkit dari kematian. Yesus adalah kebenaran mulia yang kekal dan tidak berubah. Yesus Kristus tetap sama, baik kemarin maupun hari ini dan sampai selama-lamanya (Ibr. 13:8). Oleh sebab itu, Ia merupakan kebenaran mutlak yang tidak berubah dan dapat dipercayai/ diandalkan.

Kebenaran mutlak ini adalah kebenaran yang sungguh ajaib dan penuh kuasa. Jika kita memperoleh-Nya, segala persoalan hidup kita dapat diserahkan kepada Dia, karena Ia dapat menyelesaikanya untuk kita. Kebenaran mutlak adalah kebenaran sejati dan penuh kuasa, karena tiap-tiap firman Allah, satu pun tiada yang mustahil” (Luk. 1:37). Besarlah Tuhan kita dan berlimpah kekuatan, kebijaksanaan-Nya tak terhingga (Mzm. 147:5). Kebenaran ajaib ini bisa mengubah hidup manusia dan menuntun orang untuk bertobat.

Kebenaran mutlak ini adalah kebenaran yang memiliki kasih karunia. Karena dari kepenuhan-Nya kita semua telah menerima kasih karunia demi kasih karunia (Yoh. 1:16). Dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita (Rm.8:37). Bersandar kepada Allah yang mengasihi kita, Tuhan yang adalah kebenaran mutlak, yang rela mati bagi kita di kayu salib dan bangkit kembali, kita telah memiliki hari esok.