Hits: 24

Kita sungguh bersyukur kepada Tuhan karena anugerah-Nya yang berlimpah  mengalir terus dalam kehidupan kita, terutama dalam situasi sekarang ini. Tuhan tetap menjaga setiap kita sampai hari ini karena Dia tidak pernah meninggalkan kita. Ketika kita menghadapi pandemi saat ini, kita harus melihat kembali sebelumnya bagaimana Tuhan telah memimpin hidup kita sehingga kita memiliki kekuatan dari Tuhan. Jadi kita harus fokus pada anugerah Tuhan bukan  masalah itu.

Kita yakin bahwa Allah yang menyelamatkan dan memberkati Israel juga akan menyelamatkan dan memberkati kita. Dari peristiwa tulah kesepuluh yang dicatat dalam Kel 12: 29-51, kita melihat Allah memberikan anugerah pembebasan kepada orang Israel.

Pertama, anugerah yang diberikan Tuhan kepada orang Israel adalah anugerah pembebasan yang penuh keadilan. Meskipun tampaknya Firaun menunda eksodus  Israel dari Mesir karena kekerasan hatinya, tapi Allah yang adil tidak akan membatalkan janji-Nya. Melalui tulah kesepuluh, Allah menghancurkan kepercayaan terbesar orang Mesir – dewa matahari.

Kedua, anugerah yang Tuhan berikan kepada orang Israel adalah anugerah pembebasan dengan pemeliharaan. Tulah kesepuluh menimpa orang-orang Mesir dan orang-orang Israel, tetapi Allah melalui Musa, telah memberi tahu orang Israel sebelumnya untuk mempersiapkan mereka agar terbebas dari bencana. Ketika orang Israel keluar dari Mesir, Tuhan sudah menyediakannya bagi mereka adonan yang sudah dibuat dan emas serta  perak yang diberikan orang Mesir kepada mereka.

Terakhir, anugerah yang Tuhan berikan kepada Israel adalah anugerah pembebasan yang memberkati. Keselamatan yang Allah genapi bagi bangsa Israel adalah penggenapan janji Allah kepada Abraham. Kemudian, Allah tidak hanya memberkati orang Israel lepas dari kesulitan tetapi juga membawa berkat bagi orang lain (ayat 38). Karena itu, perjanjian Allah tidak pernah berubah.

Penderitaan yang kita hadapi sekarang, kita yakin bahwa Tuhan akan memberikan anugerah pembebasan. Tuhan dengan keadilan dan kasih setia-Nya akan memberi kita kesempatan untuk baik-baik mengintropeksi diri. Kita tidak hanya akan lepas dari penderitaan  di masa mendatang, tapi Tuhan juga akan selalu memimpin kita. Tuhan tidak akan meninggalkan kita karena Dia akan selalu menyertai kita dan membuat kita menjadi berkat bagi orang lain. Kita mau percaya dengan penuh bahwa Allah yang besar yang telah membebaskan bangsa Israel itulah yang juga akan membebaskan kita dari penderitaan kita.