Hits: 37

Kita bersyukur kepada Tuhan, hari ini kita bisa bersama-sama merayakan HUT GKWI yang ke-36. Usia 36 bukan usia yang muda tapi juga bukan usia yang tua. Kalau di persekutuan, ini adalah usia Dewasa Muda. Usia yang penuh semangat perjuangan untuk keluarga, karier maupun pekerjaan. Gereja kita sudah berusia 36 tahun, 36 tahun merupakan perjalanan waktu yang cukup panjang. Tapi berapapun usia sebuah gereja sebenarnya tidak terlalu penting. Yang terpenting adalah fungsi dan peranan gereja, sudahkah melakukan seperti yang Tuhan inginkan? Dalam perjalanan selama 36 tahun, apakah gereja kita menyenangkan hati Tuhan? Beberapa ciri gereja yang menyenangkan hati Tuhan:

  1. Gereja yang dibangun di atas dasar kebenaran dan Kristus. Di dalam Matius 16:18 Yesus berkata: “Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.” Gereja yang didirikan di atas dunia ini adalah milik Tuhan dan Kristus adalah kepala jemaat, Dialah yang menyelamatkan tubuh (Ef.5:23). Jikalau gereja menjadi milik pribadi seseorang maka bisa dipastikan gereja itu tidak akan berdiri kokoh, karena pada akhirnya gereja bukan berpusat kepada Kristus tapi hanya melakukan kehendak manusia, aktivitas-aktivitas yang dijalankan hanya untuk menyenangkan dan memuaskan hati manusia. Akibatnya gereja seperti itu tidak akan bertahan lama, karena tidak ada Kristus di dalamnya. Gereja yang benar dibangun di atas dasar kebenaran dan Kristus, di mana alam maut pun tidak dapat menguasainya.
  2. Jemaat memiliki keteladanan hidup. Gereja yang menyenangkan hati Tuhan adalah jemaat memiliki keteladanan atau kesaksian hidup yang baik. Contoh jemaat di Tesalonika, yang memiliki keteladanan iman, kasih dan pengharapan. Karena itu, Paulus di dalam 1 Tes.1:3 mengatakan: “Sebab kami selalu mengingat pekerjaan imanmu, usaha kasihmu dan ketekunan pengharapanmu kepada Tuhan kita Yesus Kristus di hadapan Allah dan Bapa kita”. Waktu itu jemaat Tesalonika mengalami penindasan yang sangat berat, tapi mereka tetap setia dan taat memelihara iman mereka, serta selalu berpengharapan hanya kepada Kristus dengan bersandar pada Roh Kudus (1 Tes.1:6). Kehidupan jemaat seperti inilah yang menyenangkan hati Tuhan
  3. Jemaat memiliki hubungan yang erat dengan Tuhan dan sesama jemaat. Gereja yang menyenangkan hati Tuhan adalah kehidupan sesama jemaat dalam gereja memiliki hubungan yang baik, saling mengasihi dan terus bertumbuh bersama di dalam Tuhan. Jemaat memiliki kehausan dan kerinduan datang beribadah dan bersekutu di dalam Tuhan. Hal ini dapat kita lihat dari kehidupan jemaat mula-mula yang tercatat dalam Kis.2:44-47.
  4. Menjalankan Amanat Agung dari Tuhan Yesus(Matius 28:19-20). Ciri yang terpenting sebuah gereja yang menyenangkan hati Tuhan adalah dengan setia dan taat melaksanakan Amanat Agung dari Tuhan Yesus, yaitu gereja yang bermisi dalam memberitakan injil. Ini adalah perintah yang tidak bisa ditolak. Ini adalah tugas dan tanggung jawab gereja ketika didirikan. Gereja harus memiliki jiwa misi untuk membawa jiwa-jiwa baru kepada Tuhan. Inilah kehendak Tuhan dan yang menyenangkan hati Tuhan.

Mari kita bersatu hati dan bergandengan tangan untuk menjadi gereja yang menyenangkan hati Tuhan. Bila kita menyadari apa yang kita lakukan semua untuk Tuhan, maka Tuhan akan dimuliakan (Kolose 3:23). Kiranya Tuhan memberkati kita semua. Amin