Hits: 4

Jika ditanya mengapa kita mau percaya kepada Yesus, alasan utamanya adalah: karena Yesus Kristus adalah Tuhan yang telah bangkit. Dia adalah satu-satunya Tuhan yang demi menanggung dosa dunia ini,disalibkan, mati, dikuburkan, dan bangkit lagi pada hari yang ketiga. Di sinilah agama Kristen berbeda dengan agama lain. Atau jika ditanyakan: Benarkah Yesus mati dan bangkit dari antara orang mati?

Dalam 1 Korintus pasal 15, Paulus menjelaskan keyakinan ini secara terperinci; atau pentingnya kebangkitan Yesus Kristus. Karena pada saat itu dalam jemaat Korintus, beberapa orang tidak percaya pada kematian dan kebangkitan. Oleh karena itu, dalam pasal ini, Paulus menunjukkan dan menekankan enam akibat malapetaka jika tidak ada kebangkitan:

  1. Apa yang diberitakan tidak ada artinya (ayat 14: Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu).
  2. Sia-sialah percaya kepada Kristus. (ayat 14….sia-sialah juga kepercayaan kamu;)
  3. Semua saksi dan penginjil telah menjadi pendusta (ayat 15 Lebih dari pada itu kami ternyata berdusta terhadap Allah, karena tentang Dia kami katakan, bahwa Ia telah membangkitkan Kristus — padahal Ia tidak membangkitkan-Nya, kalau andaikata benar, bahwa orang mati tidak dibangkitkan).
  4. Tidak ada yang bisa ditebus dari dosa (ayat 17 Dan jika Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah kepercayaan kamu dan kamu masih hidup dalam dosamu)
  5. Semua orang percaya sebelumnya akan binasa (ayat 18 Demikianlah binasa juga orang-orang yang mati dalam Kristus.)
  6. Umat ​​Kristen menjadi orang paling malang di dunia (ayat 19 Jikalau kita hanya dalam hidup ini saja menaruh pengharapan pada Kristus, maka kita adalah orang-orang yang paling malang dari segala manusia.)

Tapi puji syukur kepada Tuhan! Yang pasti ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal (ayat 20), untuk memastikan bahwa kita akan dibangkitkan bersama dengan Dia. Lagu kemenangan yang agung, seperti yang ditulis Paulus dalam 1 Korintus 15:55, “Hai maut di manakah kemenanganmu? Hai maut, di manakah sengatmu?”

Puji syukur kepada Tuhan! Yang pasti Kristus telah bangkit, dan karena kebangkitan Kristus, itu memberi kita beroleh “empat jaminan “:

  1. Jaminan keselamatan (1Kor. 15:14,19).
  2. Jaminan penebusan (1Kor. 15:20 Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal. Rm. 8:23 Dan bukan hanya mereka saja, tetapi kita yang telah menerima karunia sulung Roh, kita juga mengeluh dalam hati kita sambil menantikan pengangkatan sebagai anak, yaitu pembebasan tubuh kita)
  3. Jaminan kemenangan ( 1Kor. 15:55 “Hai maut di manakah kemenanganmu? Hai maut, di manakah sengatmu?”, ayat 57 Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita).
  4. Jaminan kemuliaan (1Kor. 15:42-44, 50-54…. Ditaburkan dalam kehinaan, dibangkitkan dalam kemuliaan. Ditaburkan dalam kelemahan, dibangkitkan dalam kekuatan; Kolose 3:1-4…Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamu pun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan.)