Hits: 38

Dari bagian Firman Tuhan hari ini kita dapat melihat bagaimana Tuhan mempersiapkan Musa dan Harun untuk menghadapi tulah ke-10. Apa yang  disampaikan Tuhan kepada Musa sebelum tulah ke-10 dilaksanakan? Tuhan mau memastikan dan menegaskan bahwa:

  1. Dialah Tuhan yang berkuasa mutlak atas kehidupan umat manusia. Dari ayat 1, 5 dan 9, kita melihat Tuhan mengingatkan Musa bahwa Ia adalah Tuhan yang berkuasa atas hidup manusia. Ketika Ia berfirman untuk mendatangkan tulah ke-10, yaitu kematian anak sulung maka itu pasti akan terjadi. Apa yang dikatakan Tuhan pasti dilaksanakan. Ketika Ia mengatakan Firaun tidak akan mendengarkan Musa, maka hal itu pun Oleh sebab itu, sebelum tulah ke-10 terjadi, Tuhan kembali mengingatkan Musa bahwa Dialah Tuhan yang berkuasa atas hidup manusia.
  2. Tuhan menghendaki umat-Nya mendengar dan mentaati perintah-Nya. Ayat ke-2 adalah perintah Tuhan kepada setiap laki-laki dan setiap perempuan umat Israel untuk meminta barang-barang emas dan perak pada saat mereka akan meninggalkan Mesir. Perintah ini mungkin menimbulkan keraguan umat Israel terhadap Tuhan, mengapa harus membawa emas dan perak, apakah Tuhan tidak sanggup memelihara mereka? Di sini kita akan melihat apakah umat Israel mendengarkan perintah Tuhan yang sederhana ini? Di pasal 12 kita dapat melihat, jelaslah bahwa umat Israel melakukan apa yang diperintah Tuhan. Orang Israel melakukan seperti yang diperintahkan Tuhan kepada Musa; mereka meminta dari orang Mesir barang-barang emas dan perak serta kain-kain (12:35). Agar terhindar dari tulah ke-10, Musa, Harun dan seluruh umat Israel mendengarkan dan melakukan setiap perintah yang disampaikan
  3. Tuhan memastikan pemeliharaan-Nya terhadap bangsa Isreal. Sebelum tulah ke-10 dilaksanakan, Tuhan mengingatkan bahwa kehidupan bangsa Israel akan tetap terpelihara dengan baik. Ayat ke-7 menekankan bahwa TUHAN membuat perbedaan antara orang Mesir dan orang Israel. Dengan kata lain bahwa di kalangan Israel, baik manusia maupun ternak tidak akan diganggu. Oleh sebab itu Musa, Harun dan segenap umat Israel harus yakin bahwa Tuhan sanggup memelihara kehidupan mereka bila tulah ke-10 itu dilaksanakan oleh Tuhan.

Hari ini di saat kita sedang menghadapi wabah virus corona, Firman Tuhan juga mengingatkan kita bahwa Dia adalah Tuhan yang berkuasa mutlak atas kehidupan kita. Dia mau kita belajar untuk mendengar dan menjalankan perintah-Nya. Dia memberikan jaminan pemeliharaan atas hidup kita. Dia akan mendengar seruan doa-doa kita. Tuhan memberkati kita semua. Amin.