Hits: 2

Bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan karena kehidupan yang masih Tuhan jaga hingga saat ini. Sudah sepantasnya kita bersyukur kepada Tuhan jauh lebih dari keluh kesah kita pada saat pandemi seperti saat ini karena kita sudah menyaksikan kesetiaan Tuhan yang begitu nyata di dalam kehidupan kita. Masih banyak orang yang bergumul dengan kehidupannya saat ini dan kita masih mengalami pimpinan dan berkat Tuhan sehingga kita masih dengan kondisi yang baik menjalani kehidupan kita. Oleh sebab itu, kiranya kita mau kembali lagi kepada Alkitab untuk mempelajari bagaimana Allah senantiasa dengan kesetiaan-Nya menyertai bangsa Israel dan kita mau sama seperti bangsa Israel semakin hari semakin menyaksikan akan kesetiaan Tuhan.

Dalam pembacaan firman Tuhan hari ini kita bisa melihat bahwa dalam perjalanan bangsa Israel, mereka dapat menyaksikan pimpinan Tuhan (20-23), menyaksikan kebesaran Tuhan (24-28) dan menyaksikan kekuasaan Tuhan (29-33). Bangsa Israel sungguh akan semakin mengalami pimpinan Tuhan karena Tuhan sendiri yang menjanjikan bahwa Ia akan mengutus malaikat-Nya untuk menuntun. Dalam bagian firman Tuhan ini sebenarnya Tuhan ingin menggambarkan sebenarnya Dialah sendiri yang akan menuntun bangsa Israel. Jikalau mereka menaati Tuhan pastinya akan mengalami pimpinan-Nya dan jikalau memberontak serta berbalik, Tuhan akan mengampuninya. Bangsa Israel juga akan semakin menyaksikan kebesaran Tuhan karena berkat-Nya akan senantiasa mengalir di dalam kehidupan mereka. Tuhan sendiri yang akan turun tangan menyatakan kebesaran-Nya  di tengah bangsa-bangsa yang ada. Bangsa Israel terakhir juga akan semakin menyaksikan kekuasaan Tuhan karena Tuhan sendiri akan memakai mereka sedikit demi sedikit untuk menumpas musuh yang ada di dalam tanah perjanjian nantinya. Jikalau mereka tidak taat, nantinya akan masuk dalam perangkap maut yang akan menjerat mereka.

Kita pun saat ini sedang menyaksikan pimpinan, kebesaran dan kekuasaan Tuhan yang semakin nyata di dalam kehidupan kita. Walaupun dalam keadaan yang sulit, pastinya Tuhan sebagai pencipta kita mau kita semakin bersandar akan pimpinan, kebesaran dan kekuasaan-Nya. Biarlah kita mau kembali lagi kepada firman Tuhan yang tertulis: “Tetapi barangsiapa menuruti firman-Nya, di dalam orang itu sungguh sudah sempurna kasih Allah; dengan itulah kita ketahui, bahwa kita ada di dalam Dia.” (1 Yohanes 2:4-6) Hidupilah hari-hari menyaksikan kesetiaan Tuhan dan bukan jatuh ke dalam hidup tanpa adanya Tuhan.