Hits: 31

Tema renungan kita hari ini “Gereja yang Sehat dan Bertumbuh. Orang yang sehat pasti akan bertumbuh. Tidak bertumbuh berarti tidak sehat. Sehat adalah harta yang tak ternilai, terlebih di tengah pandemi seperti sekarang ini, sehat paling penting. Jika kita ingin mempunyai tubuh yang sehat, tentu kita harus menjaga kesehatan dengan baik dan memiliki pola hidup yang sehat: makan makanan yang bergizi, vitamin, rajin berolahraga, istirahat yang cukup. Bagaimana dengan gereja yang sehat dan bertumbuh?

Gereja yang sehat dan bertumbuh bisa kita lihat di Kis. 2:41-47. Gereja yang sehat dan bertumbuh bisa dilihat dari apa yang terjadi di dalam gereja tersebut. Mari kita melihat apa yang dilakukan oleh jemaat mula-mula itu, dari bagian firman Tuhan di atas.

  1. Ayat 42: Hal yang paling mendasar adalah bertekun dalam pengajaran dan p Inilah yang dilakukan orang-orang yang baru percaya. Bertekun dalam pengajaran dan persekutuan membuat mereka semakin mengerti menjadi seorang pengikut Kristus. Dengan demikian iman mereka akan semakin sehat dan bertumbuh.
  2. Ayat 42b: Jemaat mula-mula ternyata suka berkumpul. Ketika berkumpul mereka bisa saling berkomunkasi, sharing, diskusi, dan makan bersama), mereka juga saling melayani, bahkan dalam perkumpulan itu mereka selalu berdoa bersama. Doa bersama mendatangkan kekuatan yang luar biasa.
  3. Ayat 44: Ada kerinduan untuk tetap bersatu sehingga mereka memiliki kekuatan dalam menjalani hidup dan di antara mereka ada saling memperhatikan yang kuat sekali, sehingga apa yang menjadi milik mereka menjadi milik bersama.
  4. Ayat 45: Dalam hidup mereka ada ikatan kasih Allah yang luar biasa, sehingga mereka selalu saling berbagi dengan sukacita.
  5. Ayat 46: dalam hidup mereka ada kesetiaan, ketekunan dan sehati dalam ibadah kepada Tuhan. Ada kerinduan dan kebersamaan mencari Tuhan, sehingga tercipta ikatan kasih persaudaraan dalam persekutuan yang kuat.

Apa yang terjadi dalam kehidupan jemaat mula-mula disukai oleh semua orang dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan. Setiap kali mereka berkumpul, bersekutu, dan menyembah Tuhan ada pujian yang luar biasa. Maka tidak heran pada waktu itu jemaat mengalami pertumbuhan secara kualitas dan kuantitas. Jemaat  semakin sehat dan bertumbuh, orang yang percaya kian hari kian bertambah banyak. Bagaimana dengan gereja kita saat ini? Kiranya Tuhan memberkati kita. Amin.