Hits: 5

Surat Yudas hanya satu pasal tapi banyak pelajaran dan nasehat penting untuk kehidupan jemaat pada waktu itu dan kita hari ini. Mari kita perhatian beberapa nasehat dan peringatan dari Yudas.

Yudas 1:1-3

Dari bagian ini kita dapat melihat penulis surat ini adalah Yudas dan surat ini  ditujukan kepada orang-orang yang sudah percaya Yesus Kristus. (V.1) Dari ayat ke-2, kita melihat bahwa doa dan harapan Yudas adalah Semoga Allah memberi berkat, rahmat dan sejahtera kepada mereka dengan berlimpah-limpah. Jadi kita dapat menyimpulkan bahwa Yudas menasehatkan orang-orang percaya supaya mereka berjuang untuk mempertahankan iman mereka, demi keselamatan mereka (V.3)

Yudas 1:4-19

Dibagian ini Yudas mengingatkan bahwa ada penyusup di tengah-tengah mereka yang salah menggunakan kasih karunia Allah (V.4). Mereka adalah orang-orang fasik yang memutarbalikkan berita tentang rahmat Allah kita, untuk mendapat kesempatan melampiaskan hawa nafsu mereka. Dan mereka menolak Yesus Kristus, satu-satunya Penguasa/penebus dan Tuhan kita. Sejak dahulu hukuman untuk mereka sudah dinubuatkan dalam Alkitab. Ada kasih karunia tetapi ada juga penghukuman ( V.5 dan V.15). Ada pengejek-pengejek, yaitu orang-orang yang hidup menurut keinginan-keinginan mereka yang berdosa (V.18). Mereka adalah pemecah belah yang dikuasai hanya oleh keinginan-keinginan dunia ini dan yang hidup tanpa Roh Kudus (V.19)

Yudas 1:20-25

Pada bagian ini Yudas memberikan nasehat :

  1. Membangun diri mereka di atas dasar iman yang paling suci dan berdoalah dalam Roh Kudus.
  2. Memelihara diri mereka dalam kasih Allah sambil menantikan rahmat Tuhan kita, Yesus Kristus, untuk hidup yang kekal.
  3. Menyatakan belas kasihan kepada mereka yang ragu-ragu.

Kesimpulannya bagi kita yang sudah percaya, berdirilah teguh dalam iman dan keselamatan kita. Jangan beri kesempatan kepada orang lain untuk menggoyangkan iman kita. Pengajaran Alkitab selalu benar, tetapi ada banyak pengajar Alkitab yang tidak benar. Karena itu, kita harus memperdalam Alkitab. Baca, pelajari dan renungkanlah Firman Allah setiap hari. Peliharalah dirimu demikian dalam kasih Allah sambil menantikan rahmat Tuhan kita, Yesus Kristus, untuk hidup yang kekal (V21).  Kasih Allah tidak pernah berubah dalam hidup kita. Allah selalu memberikan kita yang terbaik dalam hidup kita.