Hits: 30

Di tengah-tengah dunia yang saat ini begitu banyak memiliki pemahaman relativisme, dalam dunia ini seakan-akan tidak ada yang pasti. Setiap orang memiliki pemahaman kebenarannya masing-masing sehingga tidak ada yang benar dan tidak ada yang salah. Hal ini mengakibatkan begitu banyak orang pun memiliki pemahamannya masing-masing terhadap satu hal. Benar tidaknya sesuatu hal, akhirnya hanya menantikan pembuktiannya saja apakah hal itu benar atau tidak. Namun, tidak seperti itu kebenaran yang ada di dalam iman Kristen, yakni Tuhan Yesus sendiri! Dialah jalan, kebenaran, dan hidup sehingga kebenaran sejati kembali hanya kepada diri-Nya. Inilah yang ingin ditunjukkan oleh Roh Kebenaran yang adalah Roh Kudus sendiri, diutus oleh Allah untuk menolong kita.

\Dari pembacaan Alkitab kita dalam Yohanes 14:15-21 di mana kita akan memfokuskan perhatian kita di dalam ayat 16 dan 17 di sini menyebutkan tentang Penolong yang lain. Penolong di sini memiliki arti “dipanggil untuk mendampingi agar menolong”. Sebenarnya di dalam Perjanjian Baru, kata penolong dalam bahasa aslinya disebutkan sebanyak 5 kali diantaranya 4 kali menunjuk Roh Kudus dan 1 kali menunjuk kepada Tuhan Yesus (1 Yohanes 2:1). Hal ini tepat dengan ungkapan Yesus yang menyebutkan Penolong yang lain karena memang sebutan tersebut juga ada di dalam diri-Nya. Roh Kudus akan datang dan mengisi peran yang telah Yesus penuhi bersama para Murid. Dalam ayat ini juga disebutkan bahwa Roh Kudus juga disebut sebagai Roh Kebenaran yang bersaksi tentang kebenaran itu (Yoh 18:37), menerangkan tentang kebenaran dan menyingkapkan hal-hal yang tidak benar (Yoh 16:8), dan menuntun orang percaya ke dalam seluruh kebenaran (Yoh 16:13). Itulah peran Roh Kudus agar kita senantiasa bisa melakukan yang benar seturut dengan Kebenaran itu sendiri – Tuhan Yesus.

Saat ini peran Roh Kudus di dalam diri kita sebagai orang percaya sama seperti apa yang Yesus lakukan pada saat Dia berada bersama dengan murid-murid-Nya. Memang yang menjadi perbedaan saat ini adalah kita tidak melihat secara langsung Tuhan Yesus di sisi kita, akan tetapi melihat peran Roh Kudus pada saat memenuhi murid-murid-Nya sangatlah signifikan menunjukkan apa yang sudah diucapkan oleh Tuhan Yesus. Oleh sebab itu kita butuh menyadari akan keberadaan Roh Kudus di sisi kita yang menyertai kita dan selalu berada di samping kita untuk menolong dan menuntun kita dalam kebenaran sejati.