Hits: 11

Tema renungan kita adalah “Baru, Baru dan Baru”. Jika hari ini kita diperhadapkan dua pilihan, mau yang lama atau yang baru. Tentu kita akan memilih yang baru, karena yang baru pasti jauh lebih baik dan memuaskan.

Dari penglihatan Yohanes di Wahyu 21 ini, sebenarnya apa yang baru?  Ayat 2 mengatakan “Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya.” Ternyata ada satu tempat yang baru, yakni Yerusalem Baru. Dan ini bukan berita isapan jempol. Karena di Wahyu 21:5 berbunyi “Lihatlah, Aku menjadikan segala sesuatu baru!” Dan firman-Nya: “Tuliskanlah, karena segala perkataan ini adalah tepat dan benar.” Kalimat ini sangat penting, karena memberikan kepastian apa yang akan terjadi.

Pelajaran apa yang bisa kita petik dari penglihatan Yohanes ini: “Baru, baru dan baru”.

Beberapa pandangan mengenai Yerusalem Baru ini: Yerusalem Baru ada di surga. Setiap kali menyebutkan tentang Yerusalem Baru, Alkitab selalu mengatakan bahwa kota itu ”turun dari surga”, dan pintu masuknya dijaga oleh para malaikat. (Wahyu 3:12; 21:2, 10, 12). Yerusalem Baru terdiri dari sekelompok pengikut Yesus, pengantin perempuan Yesus. Yerusalem Baru juga disebut sebagai ”pengantin perempuan,  istri Anak Domba”. (Wahyu 21:9, 10). Yerusalem Baru adalah bagian dari suatu pemerintahan. Dulu, kota Yerusalem adalah ibu kota Israel, tempat Raja Daud dan putranya.

Hari ini kita akan melihat Kota Yerusalem Baru merupakan satu tempat yang Allah janjikan untuk kita.

Yerusalem Baru:

1. V.9 Tempat pemulihan Allah.

     Setelah manusia melewati masa penghukuman dan malapetaka yang akan dijatuhkan Allah, maka kehidupan             manusia akan dipulihkan. Dan mereka akan menempati Yerusalem baru.

2. V.Tempat kediaman yang indah.

     Kota ini indah tiada taranya, karena dipenuhi oleh kemuliaan Allah. Cahayanya melebihi permata yang indah.

3. V.12-14 Tempat yang paling aman dan tentram.

     Kita semua merindukan sebuah tempat yang aman dan tentram karena dunia ini tidak ada tempat yang aman. Di       manakah kita bisa mendapatkan seperti tempat ini? Kota Yerusalem Baru adalah  tempat yang paling aman dan         tentram. Kota ini memiliki 4 pintu gerbang yang luar biasa.

4.  V.27 Tempat yang suci, kudus dan mulia.

      Kalau Yerusalem yang lama dipenuhi oleh orang-orang yang melakukan kekejian, kenajisan dan dosa besar.                Bahkan Bait Allah dijadikan tempat orang berdagang. Tetapi Yerusalem baru akan menjadi tempat yang maha            suci, kudus dan mulia.

Bagaimana kehidupan kita hari ini? Kita masih hidup di Yerusalem yang lama, yang penuh dosa dan kesusahan. Mari kita persiapkan hati kita untuk memasuki kota Yerusalem yang baru dengan hidup benar di hadapan-Nya. Tuhan memberkati kita.